Rabu, 14 September 2011

VoIP (Voice over Internet Protocol)


Pengertian VoIP
Pengertian VoIP adalah teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi suara secara elektronis dan real-time. VoIP mulai dikenal di Indonesia semenjak tahun 2000 dimana saat itu sedang marak-maraknya teknologi internet. Saat itu dikenal dengan fasilitas telepon gratis via internet dengan pengguna internet lainnya. Voice over Internet Protocol (VoIP) melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Jaringan IP adalah jaringan komunikasi data yang berbasis packet switch. Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian transmisi jaringan yaitu transmisi untuk signaling dan untuk RTP (Realtime Transfer Protocol). Protokol yang digunakan unuk signaling selalu berbasis TCP (Transfer Control Protocol) sedang untuk RTP yang digunakan adalah protocol berbasis UDP (User Datagram Prot)
Menelepon dengan menggunakan VoIP banyak keuntungannya, diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat ditekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah, dan diubah dengan mudah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX. Untuk membuat sistem VoIP, ada beberapa variasi penyambungan. Ada koneksi dari komputer ke komputer dengan berbekal sound card dan head-set melalui jaringan LAN maupun internet merupakan solusi paling murah tetapi cukup merepotkan, karena kedua sisi harus memiliki komputer dan perangkat lunak (Softphone) yang sama. Ada juga melalui komunikasi suara dari komputer ke Jaringan VoIP dengan menggunakan jaringan internet.

Konfigurasi VoIP (asterisk)

Untuk membuat jaringan VoIP perlu dilakukan beberapa konfigurasi yaitu konfigurasi VoIP server dan VoIP client. Berikut ini akan dijabarkan mengenai konfigurasi pada di jaringan VoIP tersebut.
Konfigurasi VoIP Server
Konfigurasi dilakukan agar VoIP server dapat menyambungkan panaggilan dari client satu ke client lainnya. Agar dapat melakukan hal tersebut, diperlukan konfigurasi pada dua file dalam asterisk (aplikasi VoIP server) yang telah terinstall pada VoIP server. Dua file tersebut adalah sip.conf dan extention.conf.
sip.conf
Melalui file sip.conf yang terletak di /etc/asterisk/ ini kita dapat membuat account VoIP yang nantinya akan menjadi client dari server VoIP. Berikut ini merupakan contoh dari list untuk membuat account VoIP client :
[nurman] → inisialisasi awal dari account
type = friend → tipe dari VoIP client
username = nurman → username VoIP client
secret = rahasia → password yang dibuat
host = dynamic → alamat VoIP client bisa berubah
dtmfmode=rfc2833 → dtmf sesuai aturan rfc2833
Sebagai inisialisasi awal pembuatan account sip atau VoIP client, maka digunakan kurung siku ( [ ] ). Type adalah jenis dari account tersebut. Ada tiga macam jenis account, yaitu peer, user dan friend. Account dengan tipe peer, hanya dapat melakukan panggilan ke nomor VoIP lain tidak bisa menerima panggilan dari luar. Sebaliknya, apabila account memiliki tipe user, maka account tersebut hanya bisa menerima panggilan saja. Sedangkan tipe friend, account dapat menerima dan melakukan panggilan.
extention.conf
File extention.conf ini terletak di /etc/asterisk/. Disini kita dapat mengatur dial plan atau perlakuan tertentu apabila VoIP client menekan suatu rangkaian nomor tertentu. Contoh dari penggunaan dial plan :
[internal]
exten => 2225,1,Dial(SIP/nurman,30,rt)
exten => 2225,2,HangUp
Arti dari listing tersebut adalah dalam context internal pada jaringan VoIP, apabila suatu VoIP client menekan angka 2225, maka langkah pertama adalah dial atau arahkan ke account SIP nurman, apabila sampai 30 detik tidak ada jawaban maka akan timeout dan masuk ke langkah kedua, yaitu hangup atau putuskan sambungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Favorites More